Tuesday 21 January 2014

Resep Kolak Pisang Santan

Resep kolak pisang santan sangat mudah membuatnya. Kolak pisang yang sangat sering dijumpai jika lebaran ini juga bisa dibuat sendiri tanpa harus menunggu lebaran atau acara-acara penting. 

Kolak pisang merupakan makanan yang enak, karena bisa dicampurkan dengan berbagai bahan lain seperti ubi, kemudian juga bisa dengan nangka, atau pacar Cina. 

Jika ubi jarang ditemukan, maka bisa menggunakan nangka sebagai bahan tambahannya. Atau juga bisa pacar Cina yang lebih mudah ditemukan.

Kolak pisang yang diberikan santan memang sangat legit. Karena santan yang tersebut lebih menambah rasa dan memberikan kesan kental daripada yang tidak menggunakan santan. Pembuatan kolak cukup mudah, karena hanya memerlukan bahan yang tidak terlalu sulit.
Kolak Pisang

Bahan yang diperlukan :
  • Kelapa muda
  • Air
  • Pisang
  • Ubi
  • Gula merah
  • gula
Alat :
  • Panci
  • Parutan kelapa
Cara membuat :
  1. Pertama kali yang harus dilakukan yakni, parut kelapanya hingga tersisa ampasnya. Kemudian ampas tersebut diperas menggunakan air, dan ditempatkan dalam suatu wadah atau cangkir. Santannya cukup setengah wadah atau satu gelas penuh.
  2. Selanjutnya, kupas pisang dan potong sesuai selera. Begitu pula dengan ubi yang dipotong dadu kecil-kecil.
  3. Jika buah-buahan tersebut sudah dipotong semua. Langkah selanjutnya, siapkan panci dan isi dengan air. Jangan sampai terlalu penuh airnya agar kolak bisa terasa manis.
  4. Jika air sudah mendidih, masukkan gula merah dan rebus bersama air.
  5. Diaduk hingga gula merah mencair, kemudian masukkan pisang dan ubi yang telah dipotong.
  6. Diaduk dan tambahkan gula secukupnya.
  7. Tunggu sampai mendidih, dan kolak siap disajikann
Resepkolak pisang santan yang hangat sangat enak jika dinikmati bersama keluarga tercinta, dan untuk hawa yang agak dingin juga cocok jika makan kolak pisang hangat,

Read:
Resep keripik tempe Bandung renyah

Resep keripik bayam

Resep Kolak Pisang Santan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown