Thursday 27 February 2014

Resep Sambal Terasi Sunda

Resep Sambal Terasi Sunda_ Membuat resep terasi sunda sangatlah mudah. Rasa dari terasi yang tidak terkalahkan dengan sambal lain, membuat terasi menjadi pilihan sambal yang dipilih oleh banyak orang. Terasi ada yang terbuat dari udang, kemudian dikeringkan dan diolah hingga menjadi terasi. Namun ada juga yang menggunakan pilihan ikan untuk pengolahan terasi.

terasi digunakan untuk campuran membuat sambal. Ada terasi yang dikemas dalam bentuk kemasan biasa dan dengan harga murah, ada pula yang dikemas dalam bentuk sachset namun isinya  lebih sedikit dan hanya bisa digunakan satu kali pakai saja.

sambal terasi paling cocok jika dimakan bersama ikan lele, sayur asam, ataupun untuk makanan lainnya. Agar lebih berasa pedas, pilih cabe rawit yang masih segar agar sambal terasa nikmat.

Inilah langkah-langkah pembuatan dari resep sambal terasi sunda :

Pertama kali siapkan bahan untuk pembuatannya :
  • Sepuluh cabai keriting
  • Dua cabai merah
  • Tiga cabai rawit
  • Dua bawang putih
  • Terasi
  • Garam
Kedua, jika bahan sudah disiapkan, maka siapkan penggorengan dan berikan sedikit minyak goreng. Panaskan sebentar lalu masukkan bahan dan goreng hingga sedikit layu. Tujuan dari digoreng ini, agar penghalusan dari bahan ini lebih mudah.

Ketiga, haluskan dengan diulek agar rasanya lebih terasa. Berikan sedikit garam.
Sebelum itu, goreng terasi dengan menggunakan minyak yang sedikit. Karena jika minyak terlalu banyak diberikan, hanya akan dibuang saja.  sebab minyak dari terasi sangat kotor dan tidak bisa didaur ulang atau digunakan untuk memasak lagi.

Goreng hingga terasi berwarna agak cokelat dan baunya tercium. Angkat dan taruh bersama bahan yang dihaluskan tadi.

Terakhir, haluskan hingga rata dan resep sambal terasi sunda pun siap disajikan bersama lauk ikan lele goreng atau bebek goreng.

Resep Sambal Terasi Sunda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown