Wednesday 15 January 2014

Resep Kering Tempe Renyah

Resepkering tempe renyah bisa dibaca dalam beberapa buku tentang masakan. Karena, tempe merupakan bahan yang bisa diolah dengan cara apa saja, dan bisa dimakan dengan berbagai selera. Kering tempe yang disajikan kali ini bisa disuguhkan dalam bentuk kering tempe dengan rasa yang pedas. 
Resep Kering Tempe Renyah
Biasanya yang paling banyak digunakan adalah bumbu balado. Kering tempe renyah juga biasa disebut sebagai orek atau dibuat seperti kentang yang dikeringkan namun berbahan dasar tempe. Kali ini resep yang akan dibahas adalah kering tempe seperti rasa kentang.

Tempe yang dikeringkan sangat enak untuk dibuat lauk. Karena dengan segala macam bumbu yang ada di dalamnya, membuat selera makan semakin bertambah. Tempe renyah bukan hanya menggunakan terigu lalu digoreng, melainkan di masak menggunakan bumbu sambal juga bisa renyah asalkan memotong tempenya bisa sesuai takarannya.

Resep kering tempe renyah menggunakan bahan dan alat sebagai berikut :
  • Sajikan tempe yang ingin dipotong
  • Cabai
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Lengkuas
  • Kecap
Cara memasaknya ;
  1. Pertama kali yang dilakukan, potong tempe kecil-kecil. Agar dapat terasa renyah, buat tipis kira-kira setengah sentimeter.
  2. Setelah dipotong, lalu siapkan bumbunya. Iris cabai, lalu bawang putih dan merah. Iris lengkuas sedikit saja sebagai penyedap.
  3. Jika semua bahan telah di iris, masukkan ke  dalam penggorengan/ kemudian ditumis sampai tempe tersebut berubah warna menjadi kuning.
  4. Selanjutnya, tambahkan kecap garam dan penyedap rasa secukupnya. Lalu dimasak hingga kecap dan tempe menempel sempurna.
  5. Diamkan hingga beberapa menit, kemudian letakkan di piring.
  6. Sajikan bersama nasi dan sayuran segar.
  7. Kering tempe renyah siap disajikan selagi hangat.
Resepkering tempe renyah bukan hanya disajikan dalam bentuk tempe yang tidak diberikan bumbu, namun kering tempe juga bisa disajikan dengan tumisan cabai agar terasa semakin lezat.  

Resep Kering Tempe Renyah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown