Monday 6 January 2014

Resep Bubur Kacang Hijau Enak

Resep Bubur Kacang Hijau Enak Bubur kacang hijau merupakan kuliner yang berupa kolak memiliki gizi baik untuk kesehatan tubuh. Bubur kacang hijau sering kali menjadi menu utama ketika bulan Ramadhan. 


Resep Bubur Kacang Hijau
Nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau mampu memulihkan kondisi tubuh pasca sakit. Selain itu kacang hijau juga mampu menahan rasa lapar karena mengandung serat yang tinggi. 

Selain itu bubur kacang hijau sangat aman untuk dikonsumsi balita. Karena kandungan protein di dalam kedelai akan membantu perkembangan otak si kecil. Selain itu kacang hijau juga mampu meningkatkan berat badan seseorang dan menjaga sistem imun di dalam tubuh.

Pada umumnya bubur kacang hijau disajikan dengan menambahkan ketan hitam dan roti tawar. Rasa khas pada bubur kacang hijau ditimbulkan dari aroma daun pandan di dalam santan bubur tersebut. 

Tanaman leguminose ini mengandung multi protein yang mampu mengganti sel mati serta membantu pertumbuhan sel baru di dalam tubuh. 

Kandungan serat tinggi di dalam kacang hijau mampu mengatasi gangguan pencernaan secara alami. Selain itu kacang hijau mengandung fosfor yang mampu memperkuat tulang sehingga mampu mencegah terjadinya osteoporosis. 

Untuk membuat bubur kacang hijau enak anda bisa menggunakan resep berikut ini.
Bahan :
  1. 500 ml santan kental yang berasal dari kelapa tua.
  2. 300 gram kacang hijau.
  3. 500 gram gula jawa bisa diganti dengan gula tebu.
  4. 2 lembar daun pandan.
  5. Garam secukupnya.
  6. air bersih sebanyak 3 liter
Cara membuat Bubur Kacang Hijau enak dan mudah:
  • Cuci hingga bersih kacang hijau yang sudha anda siapkan.
  • Kemudian Rebus kacang hijau dengan air bersih sebanyak 2,5 liter, sampai kacang merekah dan empuk.
  • Lalu rebus bahan gula merah menggunakan sisa air bersih tadi sampai larut. Tambahkan kerebusan kacang hijau tadi.
  • Kemudian tabbahkan garam makan.  Masak lagi hingga mendidih.
  • Langkah terakhir masukan santan kental yang sudah anda siapkan, aduuk terus sampai matang agar santannya tidak pecah.
Bubur kacang hijau akan memunculkan rasa yang nikmat dengan pengolahan secara tepat. Bubur kacang hijau bisa digunakan sebagai es lilin sehingga sangat mudah untuk dikonsumsi. 

Bubur kacang hijau bisa dinikmati dengan hangat maupun dingin. Jika untuk balita berikan bubur kacang hijau dalam keadaan dingin tanpa memberinya es.

Resep Bubur Kacang Hijau Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown