Wednesday 2 October 2013

Resep Cara Membuat Kue Donat Kentang

Resep dan cara membuat kue Donat dari bahan tepung Kentang agar hasilnya bisa Empuk, enak dan lembut yang bikin ngiler jika melihatnya. Resep cara membuat kue memang banyak sekali macamnya, ada yang menulis tentang resep kue kering, kue basah, kue panggang, kue kukus, dan masih banyak resep kue lainnya.
Resep Cara Membuat Kue Donat Kentang
Resep Cara Membuat Kue Donat Kentang
Nah untuk kesempatan kali ini blog Resep makasan akan mencoba mengulas resep membuat kue donat kentang, yang pastinya enak, nikmat dilidah, serta mudah dalam pembuaatannya. Oke tak usah panjang lebar berikut adalah resep cara membuat donat kentang yang bisa anda coba dirumah masing-masing.

Bahan bahan untuk membuat kue donat kentang yang harus anda siapkan terlebih dahulu:
  • Tepung terigu dengan kandungan protein tinggi sebanyak 500 gram ( anda bisa menggunakan tepung Cakra Kembar)
  • Susu bubuk dengan takaran 50 gram
  • Satu saset ragi instant berukuran 50 gram
  • Kentang sebanyak 200 gram, kupas kentang, kukus, haluskan menggunakan alat bantuan blender dan diamkan/dinginkan kentangnya
  • Gula pasir sebanyak 100grm
  • Telur ayam 4 butir, pisahkan kuning dan putih telur ambil kuning telurnya saja
  • Air dingin sebanyak 100 ml
  • Mentega sebanyak 75 gram
  • Garam dapur beryodium sebanyak ½ sendok teh
  1. Langkah pertama, siapkan wadah bersih (mangkok besar/baskom sedang) masukan bahan seperti tepung terigu, gula pasir, ragi, dan susu bubuk, campur semua bahan menjadi satu sampai tercampur rata.
  2. Tambahkan kentang kukus yang sudah dihaluskan, 4 butir kuning telur dan 100ml air dingin, aduk adonan sampai tercampur rata.
  3. Beri adonan dengan tambahan bahan garam dapur dan mentega, aduk bahan sampai benar-bebar tercampur rata atau kalis. Sisihkan adonan/diamkan kurang  lebih selama 15 menit.
  4. Ambil adonan dengan banyak kira-kira 50 gram dan bentuk menjadi bulat, kemudian diamkan selama 20 menit, sampai adonan mengembang sempurna.
  5. Lubangi bagian tengah adonan, dan goreng adonan sampai matang/ berubah warna menjadi kecoklatan.
  6. Angkat donat dari wajan penggorengan, tiriskan agar minyak hilang. Taburi donat menggunakan gula, atau anda dapat menghiasi donat dengan meses dan coklat.
Oke sekian dulu semoga bermanfaat, dan selamat untuk mencoba resep diatas, semoga berhasil.

Resep Cara Membuat Kue Donat Kentang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown