Tuesday 3 December 2013

Aneka Makanan Khas jogja

makanan khas jogja
makanan khas jogja
Aneka makanan khas jogja ~ hmmm siapa sihh yang tidak kenal dengan kota ini? Kota yang dijuluki sebagai kota pelajar ini, ternyata memiliki beragam wisata kuliner yang patut anda coba, nyamiii. jogja juga merupakan salah satu kota yang ada di indonesia dengan beragam wisata, dan kental akan kebudayaannya.

Nah untuk saat ini saya akan mencoba mengulas aneka makanan khas jogja yang patut untuk anda coba, di jogja juga tidak hanya masakan khas jawa saja yang terkenal namun banyak juga makanan khas dari daerah lain yang sudah menyatu didaerah ini.

Berikut adalah berbagai macam jenis masakan khas jogja/Yogyakarta yang bisa anda nikmati atau anda coba:

Makanan ampyang
Jenis makanan ini berbahan baku gula merah dan kacang. Makanan ini biasanya dijual oleh beberapa penjual  makanan khas jogja dalam bentuk bundar kecil-kecil. Makanan khas jogja yang satu juga sangat mudah untuk anda dapatkan, anda bisa mendapatkannya di salah satu objek wisata kaliurang.

Makanan yang kedua bakpia khas pathuk
Nah bagi anda yang ingin menyicipi lezatnya makanan yang satu ini anda bisa mendapatkannya dengan mudah di sepanjang jalanan patuk. Di jalan ini anda bisa mendapatkan berbagai macam oleh oleh khas jogja dan tentunya yang paling terkenal adalah makanan khas jogja bakpia pathuk.

Abon Sapi serta Dendeng
Wihh dari namanya aja udah menggoyang lidah hehhe, yahh dendeng dan abon sapi merupakan makanan yang termasuk kedalam jenis lauk, makanan yang terkenal akan kelezatan dan kenikmatan rasanya ini bisa ada dapatkan di jalan mataram, kidul pasar kota gede dan usaha warung snack yang ada di wijilan.

Enting Enting Gepuk
Masakan yang satu ini memiliki rasa gurih, renyah dan manis, biasanya enting-enting gepuk terbuat dari gula pasir, penyedap rasa, dan kacang tanah jika anda ingin menyicipi gurihnya makanan yang satu ini anda bisa mendapatkannya dengan mudah disepanjang  jalan mataram.

Lotek dan Gado-Gado
Makanan khas jogja yang satu ini terbuat dari kol, ketupat, atau bisanya lontong, sayur bayam, tauge rebus, sambal kacang, daun seledri, bawang goreng, dan kerupuk. Tidak bisa dibayangkan bukan semua racikan makanan diatas dijadikan satu pasti rasanya nyamii.

Geblek
Geblek makanan yang bisanya agak alot namun rasanya tetap enak ini, merupakan salah satu macam kuliner khas Yogyakarta, masakan ini biasanya terbuat dari bahan tepung tapioca, atau tepung kanji. Namun biasanya jika berbahan tapioca, jenis tapioca basah.

Geplak Bantul
Sesuai dengan namanya geplak bantul, makanan khas jogja satu ini berasal dari daerah bantul. Geplak biasanya memiliki rasa yang sangat mani, karena makanan ini terbuat dari bahan dasar gula merah.

Gudeg
Gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja yang selanjutnya. Makanan yang terbuat dari bahan baku nangka muda.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai makanan khas daerah jogja  yang bisa anda cicipi, semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Adapun makanan yang bisa anda coba lainnya adalah sebagai berikut: pecel lele, tempe jadah, kue cucur, kripik belut, kipo, nasi pecel, sate klathak, sego abang sayur Lombok ijo dan masih banyak yang lainya.

Aneka Makanan Khas jogja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown